Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan konsep mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal aljabar linear. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester IV Angkatan 2016. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes soal aljabar linear berbentuk essay dan instrumen non tes yaitu wawancara tak terstruktur. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif mengacu pada Pedoman Acuan Patokan (PAP) Skala 5 untuk menyatakan kualifikasi kemampuan.Hasil analisis data menunjukan: 1) untuk soal nomor 1, terdapat 5 dari 25 mahasiswa (20%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator memahami konsep dan merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait Operasi Baris Elementer (OBE); 2) untuk soal nomor 2, terdapat 15 dari 25 mahasiswa (60%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator menuliskan konsep dan merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait mennetukan determinan dengan cara sarrus; 3) untuk soal nomor 3, terdapat 8 dari 25 mahasiswa (32%) yang mengalami kesalahan pada indikator merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan determinan dengan ekspansi baris pertama; 4) untuk soal nomor 4, terdapat 2 dari 25 mahasiswa (8%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan invers matriks; 5) terdapat 17 dari 25 mahasiswa (68%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator memahami konsep dan merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan nilai variabel-variabel dengan aturan cramer. Kata Kunci: Kesalahan Konsep Matematika, Aljabar Linear.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020