Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan fakta mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal aljabar linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif tipe studi kasus, subjek penelitian ini adalah mahasiswa Matematika Semester IV Angkatan 2016. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument tes soal aljabar linear berbentuk essay dan instrumen non tes wawancara tidak terstruktur. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan deskriptif menggunakan Pedoman Acuan Patokan skala lima. Hasil analisis data menunjukan: 1) soal butir 1, Terdapat 6 dari 25 responden (24%) yang mengalami kesalahan fakta dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait Operasi Baris Elementer (OBE), 2) soal butir 2, Terdapat 12 dari 25 responden (48%) yang mengalami kesalahan fakta dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan determinan dengan menggunakan sarrus, 3) soal butir 3, Terdapat 14 dari 25 responden (56%) yang mengalami kesalahan fakta dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan determinan matriks dengan menggunakan ekspansi baris pertama, 4) soal butir 4, Terdapat 13 dari 25 responden (52%) yang mengalami kesalahan fakta dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan invers matriks yang berodo 3 x 3, 5) soal butir 5, Terdapat 14 dari 25 responden (56%) yang mengalami kesalahan fakta dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan nilai dari beberapa variabel dalam suatu system persamaan linier menggunakan aturan Cramer. Kata kunci: analisis kesalahan fakta, soal aljabar linear
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020