Pandemi Covid-19 mempengaruhi aspek pendidikan sehingga pemerintah mengalihkan proses pembelajaran tatap muka menjadi daring dan untuk itu dibutuhkan media pembelajaran e-learning. Edmodo adalah jenis e-learning memiliki tampilan seperti facebook dan mudah digunakan bagi pemula. Materi sistem reproduksi adalah materi yang dianggap sulit peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan 4-D models: define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dan penyesuaian dengan tujuan penelitian. Subjek penelitian adalah dosen biologi dan guru SMAN 1 V Koto Kampung Dalam sebagai validator media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi. Angket validitas yang digunakan terdiri dari 4 komponen penilaian: kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Teknik analisis data penelitian adalah kuantitatif deksriptif yang mendeskripsikan validasi e-learning yang dikembangkan. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA adalah valid untuk semua komponen penilaian (kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafikaan) dengan rata-rata nilai uji validitas sebesar 84,43% (valid). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran. The Covid-19 pandemic has affected the education aspect so that the government has shifted the face-to-face learning process to online and for that we need e-learning learning media. Edmodo is a type of e-learning that looks like Facebook and is easy to use for beginners. Reproductive system material was material that is considered difficult for students. This study aimed to produce a valid Edmodo-based e-learning media on the reproductive system material for class XI High School. This type of study was Research and Development (R&D) using 4-D models: define, design, develop, dan disseminate. The disseminate stage was not carried out due to time and cost constraints and adjustments to the study objective. The study subjects were biology lecturers and teacher of SMAN 1 V Koto Kampung Dalam as validators of Edmodo-based e-learning media on reproductive system material. The used validity questionnaire consisted of 4 assessment components: content feasibility, language, presentment, and graphics. The data analysis technique was descriptive quantitative which described the validation of the developed e-learning. The validation result of the development of Edmodo-based e-learning media on reproductive system material for class XI were valid for all assessment components (content feasibility, language, presentation, and graphics) with an average validity test value of 84.43% (valid). Thus, the development of Edmodo-based e-learning media on reproductive system material for class XI High School was feasible to be used in the learning process.
Copyrights © 2021