JRB-Jurnal Riset Bisnis
Vol 5 No 1 (2021): Oktober

Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung

Felicia Abednego Abednego (Universitas Kristen Maranatha)
Chandra Kuswoyo (Universitas Kristen Maranatha)
Cen Lu (Universitas Kristen Maranatha)
Graciela Ervina Wijaya (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2021

Abstract

Abstrak Influencer marketing telah menjadi fenomena sejak beberapa tahun terakhir, dan keberadaan influencer marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang ampuh dan jumlahnya terus meningkat. Influencer adalah orang-orang yang dapat memiliki jumlah follower yang banyak dalam platform media sosial tertentu dan mereka dianggap sebagai pemimpin opini yang dipercaya oleh komunitasnya. Pertumbuhan jumlah influencer marketing yang terus meningkat, menjadi hal yang menarik bagi peneliti untuk menganalisis perilaku konsumen terutama di kalangan generasi Y dan Z terhadap pesan yang disampaikan oleh influencer melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh generasi Y dan Z dalam memilih influencer marketing pada media sosial Instagram, yang memengaruhi perilaku konsumsi kuliner pada generasi Y dan Z di kota Bandung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion pada generasi Y dan Z di kota Bandung. Kata kunci : influencer marketing, perilaku konsumen, generasi Y, generasi Z.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRB-Jurnal Riset Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasila sejak tahun 2017, merupakan Jurnal Manajemen dan Akuntansi yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu manajemen dan akuntansi terkini (konseptual) yang mencakup Keuangan, Pemasaran, SDM, ...