Tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari self efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Belitang Jaya. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran MASTER, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model konvesional. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diperoleh, hipotesis yaitu (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis. (2) Terdapat pengaruh self efficacy  terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. (3) Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik
Copyrights © 2021