Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2017): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

PEMBELAJARAN LUAS SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Wahyuni, Ayu (Unknown)
Tendri, Muslimin (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2017

Abstract

Kenyataan di lapangan, berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi geometri masih rendah. Permasalahan tersebut dikarenakan siswa kurang didorong untuk berpikir dan cara mengajar guru yang cenderung hanya menyuruh anak untuk menerima saja apa yang diberikan oleh guru. Salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan alat peraga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran matematika materi luas segitiga melalui pendekatan scientific dengan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang?. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh pembelajaran matematika materi luas segitiga melalui  pendekatan scientific dengan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika materi luas segitiga melalui pendekatan scientific dengan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen. Berdasarkan hasil analisis data secara statistik diperoleh bahwa hipotesis “ada pengaruh pembelajaran matematika materi luas segitiga melalui pendekatan scientific dengan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang” diterima kebenarannya. Dengan demikian, dapatdisimpulkan bahwa “ada pengaruh pembelajaran matematika materi luas segitiga melalui pendekatan scientific dengan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Palembang”

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmatematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Teacher Training and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of ...