Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitan ini untuk menguji keefektifan model PjBL berbantuan soal openended terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Genuk Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian quasiexperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar dewantara Genuk Semarang. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling.Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data hipotesis menggunakan uji z, uji t, dan n-gain. Hasil analisis data hipotesis yaitu: (1) hasil uji z kelas eksperimen diperoleh zhitung 2,56 > ztabel 1,64dan kelas kontrol zhitung -3,42 < ztabel 1,64. (2) uji t diperoleh hasil thitung 5,57 > ttabel 1,995 (3) uji N-gain diperoleh hasil kelas eksperimen 0,7034 > kelas kontrol 0,5243. Simpulan penelitinan ini adalah model PjBLberbantuan soal open ended efektif diterapkan pada pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Genuk Semarang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020