JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol. 3 No. 1 (2021)

Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Pendidikan Matematika Realistis Untuk Merangsang Literasi Matematika

Seldy Derudinansyah (Magister Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
Suparman (Magister Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2021

Abstract

Abad 21, menuntut penggiat pendidikan untuk menyajikan bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri dan mudah untuk di akses peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang media pembelajaran, metode pembelajaran, dan kemampuan literasi matematika siswa di MTs N 1 Bangka Barat. Analisis deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara survey dan menggunakan beberapa studi literatur. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa siswa masih susah dalam mengaitkan kemampuan yang mereka miliki dengan banyak permasalahan yang ada pada matematika, masalah sosial, dan menerapkan konsep matematika. Media dan metode pembelajaran yang sudah digunakan belum dapat merangsang literasi matematika siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...