Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 4 Edisi 3 November 2017

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEMESTER II KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

Agung Firmansyah (Universitas Negeri Makassar)
Supriadi Torro (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 20 perempuan, tahun ajaran 2017/2018 semester genap pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan ragam gejala sosial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  : Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Pra Tindakan adalah 57,54 sedangkan nilai presentase ketuntasan hanya 21,7 %. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 76,65 sedangkan Nilai presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,1 %, namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 86,46 sedangkan nilai presentase ketuntasan hasil belajar sudah mencapai 91,9 %, sesuai dengan kriteria ketuntasan hasil belajar sosiologi yang ditetapkan di SMA Negeri 1 Sinjai Utara yaitu 75 secara individu dan 85 % secara klasikal dari jumlah keseluruhan siswa. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Berdasarkan hasil tersebut maka, hipotesis tindakan pada penelitian ini diterima. Yaitu, “Jika model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray diterapkan dalam mata pelajaran sosiologi semester II, maka hasil belajar siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai akan meningkat”.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...