Wahana Didaktika
Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

IMPLEMENTASI SIKAP DEMOKRATIS DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA SD

Mitra Ayu (Universitas PGRI Palembang)
M Idris (Universitas PGRI Palembang)
Adrianus Dedy (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui apakah Sikap-Sikap Demokratis sudah diterapkan dalam proses pembelajaran  PKn  kelas II SD Negeri 204 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 204 Palembang yang berjumlah 33 orang. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Sikap Demokratis dalam Proses Pembelajaran adalah guru mengintegrasikan sikap demokratis dalam pembelajaran PKn. Pengimplementasi-an sikap demokratis dalam proses pembelajaran dilaksanakan menjadi tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Menggunakan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Sedangkan pada tahap pelaksanaan, guru melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan penggunaan metode Tanya jawab untuk mendorong siswa agar bisa menerapkan sikap demokratis dalam proses tanya jawab di kelas. Implementasi sikap-sikap demokrasi yang dapat di implementasikan dalam proses pembelajaran PKn di sekolah Dasar Negeri 204 Palembang diantaranya (1) Kebebasan berpendapat, (2) Toleransi, (3) Kepercayaan diri, (4) Kesadaran akan perbedaan, (5) Menghormati orang lain.Kata Kunci : Sikap-Sikap Demokratis, Pembelajaran PKn

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...