Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Malunda khususnya pada materi bilangan. Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui strategi pembelajaran Metakognitif dengan jumlah peserta didik 33 orang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif yaitu untuk mengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik serta persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika, dimana nilai rata-rata pada tes awal adalah 1,88 dengan persentase ketuntasan sebesar 30,30% meningkat pada siklus I dengan nilai rata-ratanya adalah 2,64 dengan persentase ketuntasan hasil belajar adalah 69,70% terus meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai yang diperoleh 3,13 dengan persentase ketuntasan yang dicapai adalah 90,90% dan juga dapat dilihat dari observasi sikap/afektif dengan meningkatnya indikator-indikator yang meliputi delapan aspek sikap, serta adanya peningkatan keterlaksanan guru dalam mengajar dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dikelas VII A SMP Negeri 3 Malunda mengalami peningkatan setelah diterapkannya Strategi Pembelajaran Metakognitif pada materi bilangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019