Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui kemampuan peserta didik dalam meresensi cerpen pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Polewali. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. subyek peneliian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Polewali yang berjum;lah 34 peserta didik. instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, dan dokumentasi. teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik dokumentasi. hasil meresensi cerpen peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Polewali, pada aspek identitas cerpen berada pada kategori cukup mampu sebesar 64,7 %, pada aspek pendahuluan cerpen berada pada kategori cukup mampu sebesar 58,58 %, pada aspek isi (sinopsis) cerpen berada pada kategori kurang mampu sebesar 70,58 %, pada aspek unsur intrinsik cerpen berada pada kategori kurang mampu sebesar 58,82 %, pada aspek unsur ekstrinsik cerpen berada kategori 58,82 %, pada aspek kekurangan dan kelebihan cerpen berada pada kategori kurang mampu sebesar 52,9 % dan pada aspekĀ  penutup cerpen berada pada kategori tidak mampu sebesarĀ  58,82 %.Kata Kunci: Kemampuan, Resensi, Cerpen
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020