Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Vol 5, No 2 (2017)

IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF (TGT) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

., Agus Martha Sonyasa (Unknown)
., I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or (Unknown)
., I Made Satyawan, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (atas dan bawah) bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk guru sebagai peneliti, yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X 2 SMA Negeri 1 Sukasada, berjumlah 19 orang terdiri dari 10 orang putra dan 9 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal 7,39% (aktif) dan hasil belajar pada siklus I mencapai 52,63% (kurang baik). Pada siklus II, aktivitas belajar secara klasikal 8,51% (aktif) dan hasil belajar mencapai 100% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pemBahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing (atas dan bawah) bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X 2 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.Kata Kunci : kooperatif, aktivitas, hasil belajar, bola voli. This study aimed at improving the activity and learning outcome of passing (on and under) volleyball through the implementation of cooperative learning model TGT type student of X 2 SMA Negeri 1 Sukasada in the academic year 2016/2017. This study is a classroom action research means that the teacher is the researcher it was conducted in two cycles consists of stages of planning, action, observation/evaluation and reflection. The subjects of the research 19 students of X 2 SMA Negeri 1 Sukasada, consisting 10 boys and 9 girls. Data were analyzed using the descriptive statistics. The result of analysis the first cycle classically was 7,39% (active) and the learnig outcomes achieved 52,63% (not good). The activity of the second cycle classically was 8,51% (active) and the learning outcomes was at 100% (very good). Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and learning outcomes of passing (on and under) volleyball is increased through the implementation of cooperative learning model TGT type student of X 2 SMA Negeri 1 Sukasada in the academic year 2016/2017. The teachers of Penjasorkes are recommended to implement of cooperative learning model TGT type, because can increase to improve the activity and learning outcomes.keyword : cooperative, activity, learning outcomes, volleyball.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Penjaskesrek, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...