Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Permasalahan dalam menginsersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang, (2) Permasalahan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang. Subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas XI Bahasa di SMAN 1 Manggis dalam proses pembelajaran bahasa Jepang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, analisis dokumen, dan observasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskritif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru masih mengalami permasalahan dalam membuat RPP yang berkarakter. Selain itu guru mengalami permasalahan dalam menginsersi dan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi dikarenakan monitoring yang tidak tersistem dari kepala sekolah dan pengawas sekolah. Kata Kunci : Pendidikan karakter, deskritif kualitatif, permasalahan ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1) 日本語å¦ç¿’ã«ãŠã‘ã‚‹ã‚ャラクター教育ã®å•題点ã€(2) 日本語å¦ç¿’ã«ãŠã„ã¦ã‚ャラクター教育記入ãŠã‚ˆã³é‹ç”¨ã™ã‚‹éš›ã«èµ·ã“ã‚‹å•題点を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€ãƒžãƒ³ã‚®ã‚¹å›½ç«‹ç¬¬ä¸€é«˜ç‰å¦æ ¡11å¹´ç”Ÿè¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹ã®æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã«ãŠã‘る指導者ã¨å¦ç¿’者ã§ã‚る。データã¯ã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€è³‡æ–™ã€ãã—ã¦è¦³å¯Ÿã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定性的記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®åˆ†æžã®çµæžœã€æ—¥æœ¬èªžæŒ‡å°Žè€…ã¯ã€ã‚ャラクター教育ã¥ã‘ã‚‹ãŸã‚ã®æ•™æ¡ˆä½œæˆã§ã¾ã å•題を抱ãˆã¦ã„る。ãã®ä»–ã€æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’éŽç¨‹ã«ãŠã„ã¦ã‚ャラクター教育を記入ãŠã‚ˆã³é‹ç”¨ã™ã‚‹éš›ã«å•題を抱ãˆã¦ã„る。ã“れã¯ã€ã‚«ãƒ©ãƒ³ã‚¢ã‚µãƒ æ ¡é•·åºãŠã‚ˆã³å¦æ ¡é•·ã®å‚å—ãŒã†ã¾ã機能ã—ã¦ã„ãªã„ãŸã‚ã¨è€ƒãˆã‚‰ã‚Œã‚‹ã€‚keyword : ã‚ャラクター教育ã€å®šæ€§çš„記述ã€å•題点
Copyrights © 2015