Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode yang digunakan guru dalam mengimplementasikan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMK Negeri 5 Denpasar dan kendala-kendala yang dihadapi guru serta cara mengatasi kendala tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMK Negeri 5 Denpasar dan buku Nihongo Kirakira I. Objek pada penelitian ini adalah metode yang digunakan guru dalam mengimplementasikan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMK Negeri 5 Denpasar. Data dikumpulkan melalui metode observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi berupa silabus, RPP dan foto pemahaman lintas budaya, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode yang digunakan guru dalam mengimplementasikan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMK Negeri 5 Denpasar yaitu, grammar translation method, total physical response dan audio lingual method, (2) pada tahap dounyuu, istilah-istilah budaya yang sulit dibandingkan menjadi kendala yang dihadapi guru. Kendala tersebut diatasi dengan memvariasikan media pembelajaran di setiap pertemuan. Pada tahap ouyou renshuu, keterbatasan media seperti yukata dan bahan-bahan masakan Jepang menjadi kendala yang dihadapi guru. Kendala tersebut diatasi guru dengan menerapkan sistem pengelolaan kelas yaitu siswa membentuk kelompok sehingga media dapat di manfaatkan baik oleh siswa.Kata Kunci : implementasi, pembelajaran bahasa Jepang, budaya æœ¬ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€ãƒ‡ãƒ³ãƒ‘サール第五国立専門高ç‰å¦æ ¡ã«æ—¥æœ¬èªžå‹‰å¼·ã®ç•°æ–‡åŒ–ç†è§£ã«å®Ÿè£…ã™ã‚‹æ•™å¸«ã®æ–¹æ³•を説明ã™ã‚‹ã€‚ã¾ãŸã€æ•™ãˆã‚‹æ™‚ã®å•題ã¨è§£æ±ºæ–¹æ³•説明ã™ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ãƒ‡ãƒ³ãƒ‘サール第五国立専門高ç‰å¦æ ¡ã®æ•™å¸«ã¨æ—¥æœ¬èªžã‚ラã‚ラ1ã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡è€…ã¯ãƒ‡ãƒ³ãƒ‘サール第五国立専門高ç‰å¦æ ¡ã«æ—¥æœ¬èªžå‹‰å¼·ã®ç•°æ–‡åŒ–ç†è§£ã«å®Ÿè£…ã™ã‚‹æ•™å¸«ã®æ–¹æ³•ã§ã‚る。データーåŽé›†ã¯éžå‚åŠ åž‹è¦³å¯Ÿã¨æ§‹é€ åŒ–é¢æŽ¥ã¨ãƒ‰ã‚ュメンテーションã¯ã‚·ãƒ©ãƒã‚¹ã¨æ•™æ¡ˆã¨ç•°æ–‡åŒ–ç†è§£ã®å†™çœŸãŒå…¥ã‚Œã‚‹ã€‚ã¾ãŸã€æœ¬ç ”ç©¶ã¯å®šæ€§çš„ã§è¨˜è¿°çš„ã¨ã„ã†ç ”究方法を利用ã™ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®çµæžœã¯(1) デンパサール第五国立専門高ç‰å¦æ ¡ã«æ—¥æœ¬èªžå‹‰å¼·ã®æ–¹æ³•ã¯, æ–‡æ³•è¨³èªæ³•ã€å…¨èº«å応法ã€ã‚ªãƒ¼ãƒ‡ã‚£ã‚ªâ€¢ãƒªãƒ³ã‚¬ãƒ«â€¢ã‚¢ãƒ—ãƒãƒ¼ãƒï¼ˆAL 法)〠(2)å°Žå…¥ã®å•é¡Œã¯æ–‡åŒ–ã®è¨€è‘‰ã‚’比較ã™ã‚‹ã€‚応用練習ã®å•題メディアãŒè¶³ã‚Šãªã„。例ãˆã°ã€ã‚†ã‹ãŸã‚„ã€æ—¥æœ¬æ–™ç†ã®ææ–™ã§ã‚ã‚‹ã€‚æ•™å¸«ã¯æ•™å®¤ç®¡ç†ã‚·ã‚¹ãƒ†ãƒ ã§ã€ ã“ã®å•題を解決ã™ã‚‹ã€‚ãれã¯ãƒ¡ãƒ‡ã‚£ã‚¢ãŒå¦ç”Ÿã«ã‚ˆã£ã¦ä½¿ç”¨ã•れるã“ã¨ãŒã§ãるよã†ã«ã€å¦ç”Ÿã¯ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã‚’å½¢æˆã™ã‚‹ã€‚keyword : å®Ÿæ®‹ã€æ—¥æœ¬èªžå¦ç¿’ã€æ–‡åŒ–
Copyrights © 2019