Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol 9, No 3 (2021): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMAN 9 Sijunjung

Wita, Sesri (Unknown)
Putri, Rozana Eka (Unknown)
Tanamir, Momon Dt. (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Permasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Sijunjung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran guide inkuiry terhadap hasil belajar aspek afektif, (2) pengaruh model pembelajaran guide inkuiry terhadap hasil belajar aspek kongnitif,(3) pengaruh model pembelajaran guide inkuiry terhadap hasil belajar aspek psikomotor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Metode eksperimen dalam penelitian ini dapat terjemahkan sebagai metode penelitian yang digunakan merupakan Nonrandomized Control grup Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua 1) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar sikapsiswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig  0,001 ˂ 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung Sig  0,000 ˂ 0,05 3) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig  0,031 < 0,05.ertadidikkelas XI IPS di SMA Negeri 9 di Sijunjung terbagi menjadi 4 kelas yaitu kelas IPS 1, IPS 2, IPS 3, IPS 4 dengan sampel 25 eksperimen dan 27 kontrol menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi. Analisa data yang digunakan dengan dua cara yaitu (1) analisis deskripif dan (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar aspek afektif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig  0,001 ˂ 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung Sig  0,000 ˂ 0,05. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran guide inquiry terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 9 Sijunjung nilai Sig  0,031 < 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...