Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2021): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2021

Analisis Faktor-Faktor Resistensi Terhadap Teknologi Smartwatch (Studi Pada Perilaku Konsumen Di Indonesia)

Salman Faris Insani (Unknown)
Ariyani Wahyu Wijayanti (Unknown)
Desti Irawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Pertumbuhan Internet of Thing (IOT) di abad ke-21 ini sangat pesat. Meskipun IoT menawarkan peluang baru, namun memunculkan tantangan pada resistensi. Resistensi adalah suatu reaksi konsumen terhadap inovasi produk, reaksi dapat berupa penundaan pembelian ataupun penolakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendasari resistensi konsumen terhadap produk smartwatch. Sampel yang digunakan adalah konsumen di Indonesia yang mengetahui namun tidak berminat untuk memiliki produk smartwatch sebanyak 163 responden. Hasil studi ini mengindikasi bahwa variabel gangguan berpengaruh terhadap resitensi konsumen. Selain itu masalah privasi memiliki pengaruh terhadap gangguan dan ketergantungan memiliki pengaruh terhadap kekhawatiran privasi. Selain itu persepsi ketidakbermanfaatan, persepsi harga, persepsi kebaruan dan efikasi diri tidak memiliki pengaruh terhadap resistensi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...