Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 8, No 2 (2021)

Analisis efektivitas pembelajaran daring dengan home visite pada masa pandemi covid-19 terhadap kemandirian belajar siswa SD negeri se Kecamatan Cigugur

Anggi Pramowardhani (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)
Ardi Susanta Primadi (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) bagaimana pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap kemandirian belajar? 2) sejauh mana pengaruh home visit terhadap kemandirian belajar? 3) pengaruh pembelajaran daring dengan home visit terhadap kemandirian belajar?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi Guru Kelas SD Negeri se Kecamatan Cigugur. Penarikan sampel dengan Rumus Slovin dengan presisi estemik 5% diperoleh partisipan 166 responden dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Daring berpengaruh terhadap kemandirian belajar, Home Visit berpengaruh terhadap kemandirian belajar. Secara simultan Pembelajaran Daring dan Home Visit berpengaruh terhadap kemandirian belajar. Kata Kunci : Pembelajaran_Daring, Home_Visite, Kemandirian_Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...