Journal Of Early Childhood Education And Research (JECER)
Vol 2 No 1 (2021)

Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B

Lia Puji Rahayu (Universitas Jember)
Khutobah Khutobah (Universitas Jember)
Luh Putu Indah Budyawati (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B2 di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Latar belakang diadakannya penelitian ini dikarenakan anak pada kelompok B2 menunjukkan sikap disiplin yang baik. Adapun kedisiplinan yang terlihat dari anak kelompok B2 yaitu hadir tepat waktu, disiplin dalam berbaris sebelum masuk kelas maupun saat upacara bendera, merapikan mainan dan alat tulis setelah memakainya, antri dalam mencuci tangan dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru terhadap kedisiplinan anak kelompok B2. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penilitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan perannya dengan baik dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan lembar checklist observasi yang menunjukkan bahwa guru melaksanakan 9 dari 10 kegiatan terhadap indikator observasi yang telah ditentukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Melalui peran yang dilakukan oleh guru dengan baik dalam pembelajaran maka dapat berpengaruh terhadap kedisiplinan anak. Hal ini dibuktikan dengan persentase pada indikator kedisiplinan anak, dimana pada indikator peraturan dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 78,95%, pada indikator hukuman dengan kriteria penilaian Baik (B) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 5,26%, pada indikator penghargaan dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu 84,21%, lalu pada indikator konsistensi dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB) menunjukkan hasil paling tinggi yaitu antara 76%-100%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ECEJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

media publikasi ilmiah di bidang Pendidikan anak usia dini yang terbit secara periodik dua kali dalam setahun setiap bulan Juni dan Desember. JECER dipublikasikan melalui media elektronik (website). JECER pertama kali terbit pada Desember 2020. JECER di publikasikan oleh Program Studi Pendidikan ...