Salah satu kenyataan yang sering hadir pada pembelajaran matematika adalahbahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakn dewasa ini lebih cenderung padapencapaian target materi atau sesuai isi materi buku yang digunakan sebagai buku wajib dengan berorientasi pada soal-soal ujian nasional. Akibatnya doing math seprtiKemampuan penalaran matematika yang seharusnya mendapat perhatian seringterabaikan. Fenomena ini mendorong kita untuk melihat faktor-faktor yangmempengaruhi pembelajaran matematika khususnya pada Kemampuan penalaranmatematika. Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka masalah yang akan dikaji dalam pengabdian ini adalah pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematika. Pengabdian ini merupakan pengabdian kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun yang menjadi populasi dalam pengabdian ini adalah seluruh Peserta didik SMK Daerah Luwuk dan Sampel dalam pengabdian ini adalah peserta didik kelas X SMK Daerah Luwuk yang berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengabdian adalah Observasi Dokumentasi, Penyebaran Angket dan Tes. Dalam hasil pengabdian ini diperoleh bahwa ada pengaruh yang kuat dan signifikan antara pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik di SMK Daerah Luwuk, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,7244 dan koefisien determinasi sebesar 52,47 % serta hasil uji signifikansi korelasi sebesar 4,8152.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021