Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 1 Apr (2021)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Reny Apriwahyuni (SMP Negeri 3 Teluk Batang)
Sitti Rahma Yunus (Universitas Negeri Makassar)
Dewi Wahyuni (SMP Negeri 1 Bulukumba)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media simulasi PhET. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 11 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal post test dan observasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dan keterlaksanaan model pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar, yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 68,18 dengan presentase ketuntasan 54,54 %. Sedangkan pada siklus II pembelajaran diperoleh rata-rata 75,45 dengan presentase ketuntasan 81,81 %.Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, problem based learning, hasil belajar.

Copyrights © 2021