Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 3 (2021)

Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran PPKn Di Sekolah Dasar

Jagad Aditya Dewantara (Universitas Tanjungpura)
T Heru Nurgiansah (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Keaktifan belajar siswa yang kurang terutama pada pembelajaran di Sekolah Dasar masih menjadi masalah yang sering terjadi. Diperlukan model pembelajaran interaktif yang harus digunakan oleh guru agar keaktifan belajar siswa semakin membaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas V yang berjumlah 30 orang dengan empat tahapan, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model Picture and Picture. Diperoleh data pada siklus I keaktifan belajar siswa masuk kategori sedang dan siklus II masuk kategori tinggi. Peningkatan keaktifan siswa juga tergambar melalui minat dan motivasi belajar, perhatian dan fokus pada materi ajar, presensi kehadiran siswa, dan partisipasi dalam tanya jawab

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...