Pengaruh Pembelajaran Aktif tipe Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Kota Makassar Permasalahan dalam  penelitian  ini adalah  rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SD. 1) Bagaimanakah gambaran pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar pada siswa SD di Kota Makassar? 2) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran aktif  tipe Card Sort terhadap hasil belajar IPS siswa SD di Kota Makassar. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran aktif tipe card sort dan (2) hasil belajar IPS siswa (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup pembelajaran aktif tipe card sort dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPS. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa.  Seluruh populasi dalam penelitian merupakan subjek penelitian karena hanya terdiri dari satu kelompok dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan  pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS pada siswa SD penelitian ini adalah pembelajaran aktif tipe card sort memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Kota Makassar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021