Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang keterlaksanaan model SCT untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan self efficacy mahasiswa calon guru kimia padamateri koloid. Sintaks model SCT adalah 1) Orientasi mahasiswa; 2) Aktivitas ilmiah; 3) Presentasi hasil aktivitas ilmiah; 4) Penyelesaian tugas berpikir kirits; 5) Evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan dari prototipe model SCT dalam pembelajaran materi Koloid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model SCT menunjukkan kategori sangat baik (85,84,%), aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan kategori sangat aktif (85,29%), terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis (rerata N-gain = 0,87/tinggi) dan self efficacy mahasiswa calon guru kimia (rerata N-gain = 0,78/tinggi). Dengan demikian model SCT sudah memenuhi syarat kepraktisan dan keefektifan sebagai prototipe sebuah model. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018