Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 1 (2020): Februari

MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBAHASA MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SD DI KOTA MEDAN

Suyadi, Suyadi (Unknown)
Harahap, Syaifuddin Zuhri (Unknown)
Imran, Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian/pengkajian ini dilakukan atas dasar pentingnya faktor pembelajaran apresiasi sastra dalam mendukung efektivitas pancapaian kemahiran berbahasa Indonesia peserta pendidik. Pengkajian ini dilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara kegiatan apresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalam pengkajian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60 peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) tes mengarang dan (2) lembar pengamatan l. Dari hasil korelasi koefisien dengan program SPSS proses analisis data tentang korelasi antara kemampuan mengapresiasi sastra dengan kemahiran berbahasa Indonesia dengan menggunakan rumus koefisien korelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan apresiasi sastra maka semakin tinggi kemahiran berbahasa Indonesia.Kata kunci : kemahiran berbahasa, pembelajaran apresiasi sastra

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BAHTERASIA

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the ...