Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling
Vol 8, No 2 (2021): JURNAL KOPASTA (NOVEMBER 2021)

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Saud, Habel (Unknown)
Mataputun, Yulius (Unknown)
Reba, Yansen Alberth (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji secara empirik hubungan antara minat dan keterampilan belajar dengan motivasi belajar mahasiswa Prodi BK FKIP Uncen. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini yaitu keseluruhan mahasiswa anggkatan tahun 2015 s.d 2019 berjumlah 103 orang. Jumlah sampel sebanyak 65 responden dengan teknik random sampling. Data dianalisis dengan statistis inferensial (korelasi berganda). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) terdapat hubungan positif signifikan antara minat belajar dengan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,005; (2) terdapat hubungan positif signifikan antara keterampilan belajar dengan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,005, dan (3) terdapat hubungan positif signifikan bersama-sama antara minat belajar dan keterampilan belajar dengan motivasi belajar mahasiswa Prodi BK FKIP Uncen dengan nilai signifikansi 0.00 > 0,005 dan nilai koefisinesi korelasi sebesar 0,654 (+) berada pada kategori kuat. Pembuktian ini memberi arti bahwa makin tinggi minat dan keterampilan belajar, maka makin tinggi pula motivasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kopastajournal

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science

Description

Jurnal KOPASTA publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling ...