Manajemen Pendidikan
Vol. 12., No. 1, Januari 2017

Kemampuan dan Hasil Belajar TIK Materi Microsoft Excel Melalui Proyektor LCD Siswa Kelas VIII.D SMP

Murni Murni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2017

Abstract

Tujuan penelitian, untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar TehnologiInformasi dan Komunikasi materi Microsoft Excel melalui Proyektor LCD padapeserta didik kelas VIII D Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Teras Boyolalisemester genap tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian peserta didik kelas VIII D berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkanmelalui observasi dan tes. Teknik analisis data dengan metode alu dan kamparasi.Hasil penelitian, kemampuan dan perolehan nilai dalam pembelajaran TehnologiInformasi dan Komunikasi materi Microsoft Excel peserta didik kelas VIII DSemester genap tahun 2015/2016, selalu mengalami peningkatan dari satu sikluske siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan danhasil belajar peserta didik pada materi Microsoft Excel. Sesuai keseluruhan siklusyang telah dilakukan. Penerapan pembelajaran menggunakan media proyektor LCDternyata dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Dalamsetiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Selain itu penerapan pembelajaran dengan proyektorLCD membuat suasana kelas menjadi kondusif, peserta didik menjadi tertarik, aktif,kreatif, efektif dan menyenangkan serta tidak ada kejenuhan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Manajemen Pendidikan is open-access and peer-reviewed scholarly online journal managed by Department of Master of Education Management, Universitas Muhammadiyah Surakarta and published by Muhammadiyah University Press (MUP). This Journal is published twice a year (June and December). The journal ...