Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020

Projet-Based Learning: Terobosan Baru dalam Melatih HOTs pada Keterampilan Speaking Mahasiswa

Ridwan Yasin Setiawan (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Romadela Dwi Puspitasari (Unknown)
Giga Baptista (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Di era revolusi industri 4.0, mahasiswa dituntut memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thingking Skills). Projet-Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang telah terintregasi dengan HOTS. Kemampuan HOTS mencakup tiga aspek, yaitu kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah dalam PjBL pada mata kuliah Speaking for Informal Communication dan proses penanaman HOTS mahasiswa menggunakan model pembelajaran PjBL pada mata kuliah Speaking for Informal Communication di UNP Kediri. Penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan 3 teknik untuk mengumpulkan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Hasil penelitian ini menunjukan proses melatih HOTS mahasiswa yang terintegrasi dalam 4 langkah PjBL, yaitu Persiapan, Pelaksanaan, Pengembangan, dan Penyajian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...