Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 7, No 2 (2021): November

Pelatihan Pembelajaran Kompensatoris untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Inklusif

Mohammad Efendi (Universitas Negeri Malang)
Diniy Haridayatur Rahman (Universitas Negeri Malang)
Immanuel Hitipeuw (Universitas Negeri Malang)
Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Kebijakan pemerintah memberikan kesempatan akses di sekolah umum secara inklusif beum diimbangi penyediaan guru-guru pendidikan khusus yang sesuai kebutuhan, terutama berlatar Pendidikan prajabatan PLB/Pendidikan khusus. Tujuan studi ini untuk mendeskripsikan efektivitas kegiatan pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan guru pendidikan khusus. Intervensi yang digunakan dalam studi terhadap 38 orang guru wakil dari berbagai Sekolah Inklusif se Kabupaten Trenggalek adalah metode campuran. Hasil analisis studi ini menunjukkan, bahwa efektifitas pelatihan penerapan program layanan kompensatoris bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan kombinasi daring dan luring, mampu meningkatkan kapabilitas guru Sekolah Inklusif di kabupaten Treanggalek sebesar 5,35 %. Lebih dari itu, mereka nampak menunjukkan sikap keaktifan, antusiasme, dan kreativitas dalam menghasilkan draf program pembelajaran kompensatoris yang inovatif untuk peserta didik berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2021