Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 7, No 2 (2021): November

Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya pada Peserta Didik Tunarungu

Karina Wahyu Dewi (Universitas Negeri Surabaya)
Yuliyati Yuliyati (Universitas Negeri Surabaya)
Endang Purbaningrum (Universitas Negeri Surabaya)
I Ketut Budayasa (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan peserta didik tunarungu dalam menyusun kalimat tanya dengan metode index card match. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas VI yang terdiri dari 9 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun indikator keberhasilan dilihat dari KKM peserta didik 70 dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode index card match dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat tanya pada peserta didik tunarungu. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes peserta didik saat pre test nilai rata-rata anak 45,55 dengan ketuntasan klasikal 11 %. Kemudian dimulai pada saat siklus 1 rata-rata nilai anak adalah 60 dengan ketuntasan klasikal 33%. Pada siklus II, nilai rata-rata anak adalah 81,11 dengan ketuntasan klasikal 77,78%. Setelah diketahui ketuntasan klasikal telah mencapai angka di atas 75% maka peneliti melakukan post tes dengan hasil rata-rata nilai anak mencapai 82,22 dengan ketuntasan klasikal 100%. Peningkatan nilai tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun kalimat tanya dengan metode index card match pada peserta didik kelas VI tunarungu SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Oleh karena itu, adanya metode ini dapat diterapkan di sekolah – sekolah karena memberikan hasil yang baik terutama saat kegiatan menanya dalam pembelajaran saintifik.

Copyrights © 2021