Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 17 Halamahera Selatan dan besar pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 17 Halamahera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah kelas X IPA sebanyak 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan SPSS 21. Hasil uji hipotesis yang diperoleh dari uji Paired Sample T Test dalam penelitian ini adalah thitung ttabel atau 6,828 1,729, maka terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa dengan nilai gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur, SPSS 21.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021