Al-Wijdan : Journal of Islamic Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2020): November 2020

Visual Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang: Studi Awal

Rofik, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Agenda program pemberdayaan pendidikan inklusi pada siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang (DIS) mendapat banyak perhatian dari para ahli pendidikan di Indonesia. Pengajaran yang efektif bagi siswa DIS menjadi program wajib dan arus utama dalam sistem pendidikan Nasional. Namun bukti empiris tentang penggunaan bantuan visual scaffolding masih belum banyak diperhatikan. Tujuan studi kami adalah untuk mengeksplorasi bukti empiris tentang sejauh mana strategi VS dapat meningkatkan keterampilan praktik siswa DIS di kelas. Mengingat tidak banyak bukti empiris yang dihasilkan oleh para peneliti sebelumnya pada konteks ini. Proyek penelitian deskriptif ini melibatkan 28 siswa DIS dengan kapasitas kognisi (IQ) sedang di SMALB Pembina Bagian C kota Malang. Berbagai data kualitatif diperoleh dari observasi dan wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai praktik thaharah siswa DIS menggunakan skala likert Behavior Assessment System for Children yang telah dimodifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan strategi visual scaffolding sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan praktik thaharah siswa. Melalui strategi VS, antusias belajar mereka pada saat demonstrasi sangat meningkat, bahkan mereka mampu membuat sistesis antara kejadian satu dengan kejadian lainnya. Prinsip umum dari kerangka kerja VS dan prinsip desain pembelajaran yang berpusat pada siswa DIS juga dibahas. Kata Kunci: Visual scaffolding, keterampilan praktik, thaharah, dan siswa dengan Disabilitas Intelektual Sedang (DIS).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alwijdan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies is a scientific journal of Islamic education that contains the results of research by experts in the field of Islamic education from various perspectives, including: Islamic Education Management Islamic Education and Peace Character building Islamic ...