Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video kegiatan rote counting dan rational counting untuk menstimulasi berhitung permulaan yang teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan analisis kebutuhan, desain produk, dan evaluasi yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia (4-5) tahun yang berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan walkthrough, dan observasi. Setelah pengumpulan data, kemudian data dianalisis dengan cara mencari presentase untuk melihat kevalidan dan kepraktisannya. Valid diukur dari hasil expert review produk, sedangkan praktis dilihat dari hasil tahap one to one evaluation dan small group evaluation yang dikerjakan oleh anak. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa validitas materi sebesar 82% dan validitas media sebesar 82%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 82% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Tahap one to one evaluation melibatkan tiga orang anak dengan hasil 90% dan tahap small group evaluation melibatkan sembilan orang anak dengan hasil 86% dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian Pengembangan Video Kegiatan Rote Counting dan Rational Counting dinyatakan valid dan praktis serta dapat digunakan untuk menstimulasi berhitung permulaan pada anak usia (4-5) tahun. Kekurangan dari penelitian ini yaitu kurangnya penambahan instrumen observasi untuk orang tua, hal ini karenakan keterbatasan waktu peneliti dalam melakukan penelitian.
Copyrights © 2021