MALIH PEDDAS
Vol 10, No 2 (2020): Malih Peddas, Volume 10, Nomor 2

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA CERDAS (UTACER) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRONGGEN

Fuad Wiyan Hadiyata (UNIVERSITAS PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)
Rahmat Rais (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Abstrak: KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA CERDAS (UTACER) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRONGGEN.Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di SD Negeri 3 Kronggen untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran  yang menarik dan mengatasi kebosanan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran berbasis permainan, seperti penerapan media pembelajaran permainan ular tangga. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di SD Negeri 3 Kronggen. Teknik pengumpulan data dalam  penelitian melalui observasi dan pemberian tes berupa pretest dan postest. Hasilnya didapatkan selisih perbedaan sebesar 13,15. Perhitungan menggunakan Uji-t didapatkan hasil t hitung sebesar 3,34 dan t tabel 1,729, sehingga t hitung>t tabel. Melalui rumus UjiN-Gain diperoleh data bahwa rata-rata gain adalah 0,493.Nilai tersebut berada dalam kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media ular tangga secara efektif dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga diharapkan penggunaan media ular tangga dapat menjadi alternatif guru dalam pembelajaran IPA. Selain itu, penggunaan media ular tangga dapat menggali pemahaman materi bagi siswa dan diharapkan menjadi sumbangan wawasan bagi guru dan peneliti selanjutnya.Kata kunci : ular tangga, media pembelajaran, hasil belajar

Copyrights © 2020