Edu Elektrika Journal
Vol 3 No 1 (2014): Edu Elektrika Journal

MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Widiyantoro, Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2014

Abstract

Media  pembelajaran  merupakan  alat  yang  dapat  dijadikan  jembatan  untuk  menghubungkan  dunia  nyata  dan menghadirkannya  dihadapan  siswa,  sehingga  pembelajaran  yang  menggunakan  media  pembelajaran  dapat mempengaruhi  terhadap  efektivitas  pembelajaran  dan  hasil  belajar  siswa.  Dengan  memanfaatkan  softwareMacromedia  Flash  8  Profesional  akan  dapat  membuat  suatu  media  pembelajaran  yang  menarik  dan  interaktif, sehingga materi-materi dalam mata kuliah Sensor dan Transduser seperti jenis-jenis sensor  dapat dengan mudah dipahami oleh mahasiswa, karena ditampilkan dalam bentuk gambar animasi atau suatu simulasi yang atraktif. Permasalahannya adalah bagaimanakah mewujudkan suatu program media pembelajaran Sensor dan Tranduser yang menarik dan interaktif. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kelayakan program media  pembelajaran  mata  kuliah  Sensor  dan  Transduser  sebagai  media  pembelajaran  yang  menarik  dan interaktif.Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  metode  angket  kepada  1  orang  dosen  ahli  media,  2  orang  dosen  ahli materi, dan 25 orang mahasiswa yang dijadikan sebagai responden atau objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskripstif.Hasil  penelitian  dan  pembahasan  yang  telah  dilakukan,  program  Media  Pembelajaran  Interaktif  Sensor  dan Transduser dikategorikan sebagai media yang layak digunakan untuk media pembelajaran  dalam perkuliahan, karena  mendapatkan  penilaian  dari  mahasiswa  dan  dosen.  Dari  mahasiswa  mendapatkan  penilaian  sebanyak 79,39% dengan pembagian penilaian variabel interaktif (80,96%) dan penilaian variabel menarik (77,82%), serta diperkuat dengan pendapat dari 3 dosen. Instructional  media  is  a  tool  that  can  be  used  as  a  bridge  to  connect  the  real  world  and  present  it  in  front  of  students,  so learning  to  use  instructional  media  can  affect  the  learning  effectiveness  and  student  learning  outcomes.  By  utilizing Macromedia  Flash  8  Professional  software  will  be  able  to  make  an  interesting  media  and  interactive  learning,  so  that  the material in the course of sensors and transducers such as the types of sensors can be easily understood by students, as shown  in the form of animated image or a simulation attractive. The problem is how to realize a media program Sensor and Transducer learning interesting and interactive. It is necessary for a feasibility study to determine the level of instructional media p rogram courses Sensors and Transducers as an interesting media and interactive learning.Data collection was conducted by questionnaire to 1 media expert lecturers, two lecturers matter experts, and 25 students whoserve as research respondents or objects. Method of data analysis is the method of statistical analysis deskri pstif.Results of research and discussion that has been done, Interactive Learning Media program sensors and transducers categorizedas a viable medium used to study media in lectures, because getting an appraisal from students and lecturers. Assessment ofstudents get as much as 79.39% with an interactive variable assessment division (80.96%) and attractive valuation variable (77.82%), and reinforced by the opinion of 3 professors.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

eduel

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Edu Elektrika yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang ini menerbitkan artikel asli dari peneliti, praktisi profesional, maupun tenaga pendidik dari berbagai tingkatan (Dosen maupun Guru) mengenai isu dan tren terbaru yang terjadi secara nasional dan internasional ...