Edu Elektrika Journal
Vol 4 No 1 (2015): Edu Elektrika Journal

PENGGUNAAN APP INVENTOR DALAM PEMBUATAN GAME EDUCATION BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG MANDIRI DAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TITL PADA PEMBELAJARAN LISTRIK DASAR SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG

Setiawan, Hendro Welas (Unknown)
Wiyardi, Rafael Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran yang cocok diterapkan kepada siswa TITL SMK Muahmmadiyah Majenang sebagai media yang mandiri dan interkatif, Sehingga penerapan model pembelajaran yang dipakai oleh guru tidak membosankan cenderung menyenangkan dan bisa meningkatkan hasil belajar. Adapun tujuan yang hendak peneliti capai yaitu dengan dapat mengembangkan dan menghasilkan produk aplikasi android berupa game edukasi media pembelajaran tentang listrik dasar, dan mengetahui kelayakan dan keefektifan aplikasi game edukasi sebagai media pembelajaran untuk suplemen belajar siswa dengan materi Listrik dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain/rancangan adalah pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang telah didapatkan adalah menghasilkan produk aplikasi android game edukasi materi listrik dasar  dengan hasil uji coba  aplikasi sudah berfungsi dan berjalan dengan baik, dengan peningkatan nilai ketuntasan sesuai dengan KKM sebesar 84% dan peningkatan nilai rata – rata  posttest terhadap pretest adalah 32,8 . Hal ini dapat disimpulkan aplikasi game edukasi media pembelajaran listrik dasar layak dan efektif sebagai media pembelajaran untuk suplemen belajar siswa. The problem in this research is to create a learning medium suitable to be applied to students of SMK Muahmmadiyah TITL Majenang as independent media and interkatif, so that the application of the learning model used by teachers not boring tend fun and can improve learning outcomes. The goals to be achieved, namely the researchers can develop and produce educational games android application form medium of learning about basic electricity, and determine the feasibility and effectiveness of the application of educational games as a learning medium to supplement student learning with basic Electricity material. This research method using Research and Development with the design / design is pre-experimental design in the form of a one-group pretest-posttest design. Research results that have been obtained are producing educational game app android basic electrical material with the test results and the application is already functioning well under way, with an increase in the value of completeness in accordance with the KKM by 84% and increase in value - average of the pretest posttest was 32.8 . It can be concluded educational game app instructional media feasible and effective basic electricity as a medium of learning to supplement student learning 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

eduel

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Edu Elektrika yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang ini menerbitkan artikel asli dari peneliti, praktisi profesional, maupun tenaga pendidik dari berbagai tingkatan (Dosen maupun Guru) mengenai isu dan tren terbaru yang terjadi secara nasional dan internasional ...