BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 1 No. 2 (2021)

Model Inquiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Ventri Adetia Jumintri (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)
Suhirman Suhirman (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)
Wiji Aziz Hari Mukti (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Inkuiri untuk meningkatkan pemahaman IPA siswa kelas IV SDN 56 Kaur. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 56 Kaur yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Iquiry dapat meningkatkan penguasaan IPA siswa kelas IV SDN 56 Kaur. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata siswa pada pra-penilaian (53) yang termasuk dalam kategori “Rendah”; nilai rata-rata siswa pada siklus I (57,38) yang termasuk dalam kategori “Rendah”; nilai rata-rata siswa pada siklus II (62,13) yang termasuk dalam kategori “Sedang”; dan nilai rata-rata siswa pada siklus III (65,88) yang termasuk dalam kategori “Sedang”. Artinya selama proses tindakan selama tiga siklus, siswa mengalami peningkatan sebesar (12,88) poin. Kemajuan terpenting adalah peningkatan suasana belajar yang meliputi: perilaku siswa, motivasi belajar, dan interaksi siswa di dalam kelas. Selama tindakan berlangsung suasana belajar menjadi lebih aktif, siswa menghindari kegiatan yang tidak disiplin seperti mengobrol dengan teman, siswa terlihat memiliki motivasi yang tinggi dan senang mengikuti pelajaran IPA, dan dalam kegiatan kelompok mereka dapat berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi dalam memecahkan masalah. masalah dalam kelompoknya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...