JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Vol 9 No 2 (2021): JUDIKA (JURNAL PENDDIDIKAN UNSIKA)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIKEAKSARAAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEBERAKSARAAN DENGAN RAGAM KEMAHIRAN LOKAL

Uum Suminar (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mohamad Hisyam (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Yus Alvar Sabighoot (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Pengembangan model ini dilator belakangi oleh adanya kesenjangan antara tujuan ideal pendidikan multikeasaraan dengan kondisi empiris di tingkat satuan PNF yang masih cenderung konvensional. Pendekatan penelitian secara kuantitatif melalui prosedur penelitian dan pengembangan dengan metode quasi experiment dan teknik rancangan one group pretest-posttest only design. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pengembangan model dilakukan melalui tujuh tahapan yaitu studi pendahuluan, penyusunan konseptual model, ujicoba konseptual, ujicoba operasional, validasi model, pembakuan model, dan sosialisasi model hasil pembakuan. Hasil penelitian diperoleh tingkat kemenarikan naskah model dan panduan model sebesar 63,3% sangat menarik, keterlaksanaan model 81,7% sangat baik, dan efektivitas model diperoleh hasil dari pretest tidak signifikan perbedaannya antara kelompok kontrol dengan eksperimen dari tiga lokasi yaitu PKBM Hati Nurani (4%), PKBM Bina Remaja (2%) dan PKBM Mandiri (2%). Sedangkan hasil postest antara kelompok kontrol dan perlakuan diperoleh hasil yang signifikan dengan t-hitung di PKBM Hati Nurani (3,08), PKBM Bina Remaja (3,77) dan PKBM Mandiri (3,85). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan multikeaksaraan berbasis proyek efektif untuk meningkatkan kemampuan keberaksaraan dengan ragam kemahiran lokal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Education

Description

JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun. ...