AL ISHLAH Jurnal Pendidikan
Vol 13, No 3 (2021): AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan

Learning Policy Model for Vocational Higher Education after the Covid-19 Pandemic

Hermawan Romy (Universitas Brawijaya)
M. Daniel Septian (Universitas Brawijaya)
Hayat Hayat (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model kebijakan pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi pasca pandemi Covid-19. Tantangan atas kebijakan pembelajaran ke depan harus mampu mengadaptasi kebiasaan baru dalam proses pembelajaran pendidikan tinggi vokasi yang khas dengan teknologi terapan yang berbasis skill dan kompetensi dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan, khususnya bagi sivitas akademika. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode analisis konten kebijakan (contentĀ  policy analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebijakan existing pembelajaran pada Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya pada masa pandemi dan transisi (penyiapan) pasca pandemi dapat dikategorikan dengan pendekatan model kebijakan inkremental. Model kebijakan pembelajaran di Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya dalam bentuk pembelajaran teori, praktik dan magang didapati bahwa dinamika produk kebijakan baik tataran makro, messo dan mikro yang dibuat secara incremental. Hal ini menunjukkan hasil yang acapkali memadai dalam konteks keterbatasan sumberdaya namun akan terjadi perubahan yang cepat pula manakala didadapati situasi dan kondisi yang menutut perubahan. Sebagai konsekuensi bahwa pembelajaran dihadapkan pada kualitas yang yang kurang optimal. Dalam perspektif inkremental, perubahan dalam rangka adaptasi masa pandemi menghadapi ketidaksiapan dalam peralihan pembelajaran digital dan jarak jauh. Penelitian iniĀ  merekomendasikan adanya model kebijakan pembelajaran pendidikan tinggi vokasi berdimensi holistik dan demokratis, yang salah satunya dengan menggunakan pendekatan model kebijakan deliberatif (kolaboratif).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alishlah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education Curriculum Education policy Learning Method Learning Material Assessment in Learning Formal Education Informal ...