Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 7, No 1 (2020)

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Fitrah Al Anshori (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan experiment semu (Quasi experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest – only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI prodi pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo angkatan 2016/2017 berjumlah 86 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas dimana kelas A adalah kelas experimen dibelajarkan menggunakan aplikasi edmodo dan kelas B adalah kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan aplikasi edmod. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : tidak ada pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...