Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2021)

Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah

Mubiar Agustin (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinar Nur Inten (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung)
Andalusia Neneng Permatasari (Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung)
Dewi Mulyani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2021

Abstract

Mewabahnya pandemi covid 19 secara masif yang menimpa hampir seluruh negara di dunia berdampak pada semua sendi kehidupan termasuk pendidikan. Aktivitas belajar mengajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akhirnya menuntut anak untuk belajar dari rumah (BDR). Kondisi ini menimbulkan hambatan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal anak karena tidak adanya interaksi langsung dengan teman-teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah berupaya mengungkap strategi guru PAUD dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini saat belajar dari rumah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantiaitif dengan metode survey. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan media google form. Jumlah responden sebanyak 251 guru PAUD yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru yang di butuhkan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini yaitu strategi yang sesuai perkembangan anak, pembelajaran mudah dilakukan oleh orang tua di rumah, bermakna dan menyenangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...