Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 4, No 1 (2022)

DESAIN PEMBELAJARAN LOGARITMA BERBASIS PERMAINAN MATEMATIKA

Usep Kosasih (Universitas Islam Nusantara)
Nurina Wulan Sabila (Unknown)
Nandang Arif Saefuloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh konsep desain pembelajaran logaritma yang terintegrasi dengan permainan agar menarik dan menantang untuk peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research dengan tahapan Preliminary research, Prototyping stage, dan Assessment phase. Penelitian melibatkan peserta didik sekolah menengah atas dalam melakukan percobaan desain pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh gambaran tahapan-tahapan pembelajaran yang baik dengan menerapkan permainan sehingga mampu meningkatkan respons positif peserta didik. Permainan yang dikembangkan mampu memfasilitasi pembelajaran secara intensif, sehingga peserta didik terlibat secara fokus pada pembelajaran sesuai dengan tahapan yang runtut dalam pembelajaran. Permainan yang dihasilkan membantu guru mengembangkan kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam pembelajaran logaritma. This study aims to obtain a logarithmic learning design concept integrated with games to make it exciting and challenging for students. The method used in this research is design research with the stages of preliminary design, teaching experiment, and retrospective analysis. The study involved senior high school students in conducting instructional design experiments. Based on the results of this study, a description of the stages of Learning was obtained by applying the game to improve students' positive responses. The games developed can facilitate intensive Learning so that students are involved in a focused manner on learning according to the successive stages of Learning. The resulting design help teachers form apperception, core, and closing activities in logarithmic Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...