Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 2, No 2 (2020)

ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN NEWMAN

Sinta Silvia (Siliwangi University)
Supratman Supratman (Unknown)
Sri Tirto Madawistama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Newman.  Metode  penelitian yang  digunakan  adalah  eksplorasi.  Penelitian  ini mendeskripsikan kesalahan  peserta  didik  dan  penyebab  terjadinya kesalahan  tersebut.  Subjek  penelitian  sebanyak  3 orang  dipilih  secara  purposive berdasarkan pertimbangan hasil tes peserta didik yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel.  Pengumpulan data yang  digunakan berupa soal cerita pemecahan masalah dan  wawancara  dengan  teknik  think aloud.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa peserta didik melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah,  penyebabnya yaitu kurangnya kemampuan dalam memahami masalah yang pertama kali ditemui, mengabaikan menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap transformasi,  penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman mengenai model matematika, tidak terbiasa membuat model matematika dari kalimat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, tidak teliti dalam membuat persamaan, bingung untuk membuat pemisalan ke dalam bentuk variabel, kurang memahami soal, kurang belajar dan kurang menangkap informasi dari guru. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses, penyebabnya yaitu tidak tahu langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan, tidak mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat, kurangnya pemahaman mengenai materi, kurang berlatih menyelesaikan soal cerita. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap penarikan kesimpulan, penyebabnya yaitu tergesagesa ingin mengumpulkan jawaban, kurang teliti, tidak menemukan hasil akhir, dan kurang menangkap informasi dari guru, kesimpulan akhir tidak tepat karena melakukan kesalahan pada langkah sebelumnya, dan tidak mampu menunjukan jawaban akhir dari penyelesaian soal. Kata Kunci: Kesalahan Peserta didik, Pemecahan Masalah, Analisis Newman

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...