Penduduk Indonesia sebagian besar beragama Islam, tetapi market share perbankan syariah Indonesia sangat kecil 6,51%, kondisi tersebut semakin diperkuat dengan lemahnya praktek relationship marketing di bank syariah Indonesia. Tujuan studi ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis literatur empiris 10 tahun terakhir (2010-2020) terkait praktek relationship marketing pada perbankan syariah Indonesia. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review/SLR yang dilakukan melalui penelusuran literatur pada Google Cendekia, Portal Garuda dan Google. Populasi 74.177 judul dan sampel 11 judul. SLR dilakukan melalui 3 tahap : perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan tinjauan literatur. Hasil studi menunjukkan bahwa metode yang digunakan adalah kuantitatif, perbankan syariah Indonesia telah mengimplementasikan relationship marketing, praktek relationship marketing menciptakan loyalitas, praktek relationship marketing perbankan syariah masih rendah, dan solusi bagi bank syariah adalah meningkatkan penerapan indikator relationship marketing, edukasi, sosialisasi dan kemampuan petugas. Implikasi studi ini memberikan benefit pengembangan teori relationship marketing pada perbankan syariah dan menemukan referensi strategibaru yang perlu dikembangkan perbankan syariah Indonesia.
Copyrights © 2021