JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 6, No 2 (2020)

Analisis proses metakognitif siswa tipe kepribadian idealist, artisan, guardian dan rational dalam pemecahan masalah matematika

Neilul Isra Pratama (Unknown)
Kamid Kamid (Universitas Jambi)
M Haris Efendi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Sering kita mendengar bahwa tugas pendidikan yang paling penting adalah mengajar siswa bagaimana belajar sepanjang hidup mereka dengan cara mereka sendiri dan bagaimana siswa mengarahkan pembelajaran mereka untuk menyelesaikan suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada tipe kepribadian idealist, artisan, guardian dan rational di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan hasil tes kepribadian, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan penelitian, subjek memiliki beberapa jenis penyelesaian,terutama yang berkaitan dengan proses metakognitif siswa. Mulai dari proses awareness, regulation, dan evaluation. Dalam proses awareness, keempat tipe kepribadian dapat menulis dan menjelaskan apa yang dipahami dari masalah, tetapi untuk penyertaan gambar pada lembar jawaban hanya dilakukan oleh siswa dengan tipe kepribadian idealist dan rational. Dalam proses regulation siswa dapat menjelaskan tahapan dan rumus yang akan digunakan setelah mendapatkan hasil langkah demi langkah. Tetapi ada beberapa perbedaan dalam menentukan tahap selanjutnya, seperti siswa idealist, rational dan guardian masih melakukan proses awareness untuk menentukan tahapan berikutnya. sedangkan siswa artisan sedikit kebingungan di salah satu tahapan. Namun untuk proses evaluation  siswa melakukan pemeriksaan pada situasi yang berbeda untuk tiap tipe kepribadian.                                                                          Keywords : artisan, idealist , guardian, metakognitif dan rational .

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...