JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Vol 7, No 1 (2021)

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII

Sholihat, Nur'aini Mar'atush (Unknown)
Effendi, Kiki Nia Sania (Unknown)
Haerudin, Haerudin Haerudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII. Sampel pada penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas VII J disalah satu sekolah menengah pertama yang berada di Kabupaten Karawang. Pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket minat belajar dengan menggunakan bantuan google from dan tes kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan bantuan aplikasi whatsapp. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian correlational research. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu minat belajar matematika berada pada kategori cukup baik, dan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa masih berada dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Persentase koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 2%. Artinya 2 % variansi kemampuan komunikasi matematis dapat dijelaskan oleh variasi dari minat belajar matematika siswa. Sedangkan 98% lainnya dijelaskan oleh sebab-sebab diluar model regresi Akibat kecilnya koefisien determinasi, pengaruh minat terhadap kemampuan komunikasi matematis menjadi tidak signifikan. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII.Kata Kunci:           Minat Belajar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Siswa SMP Kelas VII

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Matematika), dengan ISSN 2460-8599 (print) dan ISSN 2581-2807 (online), adalah jurnal peer-review yang dipublikasikan dua kali setahun (April-September, dan Oktober-Maret) oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan ...