Jurnal Instruktional
Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Instruksional

KOMPETENSI ETIKA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Fitriani, Nur intan (Unknown)
Bahar, Herwina (Unknown)
Nurmalia, Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

Guru sebagai pendidik memiliki tugas utama mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Dalam proses pembelajaran guru harus melaksanakan kode etik dan kompetensi etika yang harus dipertanggung jawabkan karena guru merupakan figure yang akan menjadikan anak bangsa yang mampu menanamkan nilai-nilai etika, moral dan norma. Guru juga harus mampu menjadi suri tauladan serta memposisikan sebagai pejuang nilai, etika dan moral di tengah-tengan masyarakat. Guru juga harus mampu memenuhi kualifikasi akademik dan akademi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Dan etika di pandang sebagai ilmu pengetahuan yang membicarakan baik buruknya perilaku manusia dalam kehidupan bersama. Definisi tersebut tidak melihat kenyataan bahwa ada keragaman norma, karena adanya ketidaksamaan waktu dan tempat, akhirnya etika menjadi ilmu yang deskriptif dan lebih bersifat sosiologik.Kata kunci : kompetensi, etika, guru,

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

instruksional

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is a scientific journal to develop knowledge in the field of education technology. Editors invite professionals from education and researcher to write about the progress of science in the field of management of education. The journal is published 2 (two) times in 1 ...