Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 4 No. 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Desember Tahun 2021

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI DAN PENGGUNAAN KATA BAKU PADA MAJALAH SKIMAGZ EDISI 8

Tamara Diva Kamila (Universitas Sebelas Maret)
Aninda Hikmatiar (Universitas Sebelas Maret)
Aprilia Fimala (Universitas Sebelas Maret)
Chafit Ulya (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Majalah berfungsi sebagai media penyebaran informasi dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Maka, penulisan majalah sangat penting untuk mengikuti tata kaidah penulisan yang baik dan benar. Terdapat PUEBI dan Tata Bahasa yang harus diperhatikan. Melihat masih banyaknya kesalahan berbahasa pada suatu majalah maka peneliti memutuskan menganalisis majalah SKIMAGZ Edisi 8. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa tataran morfologi dan penggunaan kata baku, serta memberikan pembetulan terhadap kesalahan yang ada pada majalah SKIMAGZ edisi 8. Majalah SKIMAGZ adalah majalah yang diterbitkan oleh SKI FKIP UNS setiap setahun sekali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode ini atas dasar dua pertimbangan yaitu data diperoleh dan penelitian bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik baca-catat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa aspek kesalahan morfologi dan penggunaaan kata baku. Kesalahan dalam tataran morfologi berupa afiksasi, kata majemuk, dan reduplikasi. Bentuk kesalahan pada tataran morfologi mayoritas berupa kesalahan afiksasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...