Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan
Vol 7 No 2 (2021): EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan

Penerapan Konseling Realita bagi Siswa Underachiever di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan

Marsudi, Muhammad Sholeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas tentang penerapan konseling realita bagi siswa underachiver, yang mencakup konsep tentang konseling realita, konsep underachiever dan upaya penerapan konseling realita bagi siswa underachiever. Metode yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan dimana peneliti melakukan studi observasi, yang dilakukan tidak hanya melalui kajian teori tetapi juga melakukan penelitian di lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling realita bagi siswa underachiever melalui; Pertama, be friend dengan menunjukkan keterlibatan pada peserta didik. Kedua, dengan fokus pada perilaku saat ini. Ketiga, Doing dengan menanyakan apa yang akan dilakukan peseta didik. Keempat, dengan mengevaluasi atau menilai diri sendiri. Kelima, merencanakan uapaya yang penuh tanggungjawab. Keenam, menentukan komitmen. Ketujuh, Tidak menerima alasan atau permintaan maaf. Dan Kedelapan, Tindak lanjut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, ISSN 2598-8115 (print) and 2614-0217 (electronic) is published twice a year (Juli and December) by the Graduate Program IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal departs from philosophy and Religious Education, which aims at ...