Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah
Vol. 6 No. 1 (2021): Januari - Juni

Evaluasi Pemanfaatan E-Learning dalam Proses Pembelajaran Distance Learning di SMP IIBS Al Maahira Malang

Abdur Rauf (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Auliatul Amin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Selama pandemi berlangsung, mayoritas kegiatan pembelajaran diarahkan menggunakan e-learning, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Pemanfaatan e-learning membutuhkan evaluasi untuk perbaikan kedepannya. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi pemanfaatan e-learning pada proses belajar siswa di SMP IIBS AL MAAHIRA PUTRI Malang pada saat pandami covid berlangsung, terutama dalam hal belajar bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh siswa kelas VII SMP IIBS AL MAAHIRA PUTRI Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui Google form. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas siswa lebih suka menggunakan google meet, dengan alat laptop. Meski berupa distance learning, pembelajaran tetap dapat efektif, di mana 77,6% siswa tetap antusias mengerjakan tugas dari guru. Mayoritas siswa tetap lebih menyukai pembelajaran tatap muka. Hasil evaluasi ini berimplikasi kepada pendidik agar dapat membuat rancangan belajar yang menarik, kreatif serta inovatif, agar pembelajaran jarak jauh tetap bisa efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TARBIYATUNA: Jurnal Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh STIT Ibnu Sina Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, baik dalam versi cetak maupun online. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada Pendidikan Islam secara umum, dengan topik dan scope kajian: Pendidikan Agama ...